AKD Wringinanom Gresik dan PPDI Kirim Bantuan ke Titik Terparah Erupsi Semeru

  • Bagikan
AKD Wringinanom Gresik ke Lumajang
AKD Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, saat mengirim bantuan langsung ke titik terparah erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang.

GRESIK, WartaBangsa.id – Hari keempat pasca erupsi Gunung Semeru, Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, bersama Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), menyalurkan bantuan berupa paket sembako ke tempat pengungsian korban, di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Mereka berangkat dari kantor Desa Sumengko Kecamatan Wringinanom, Gresik menuju lokasi bencana, Selasa (7/12/2021) pukul 10.15 WIB, menngunakan dua mobil double cabin dan satu mobil penumpang.

Satu mobil bermuatan beras, dan satunya lagi bermuatan air mineral, minyak, mi instan, snack dan keperluan rumah tangga lainnya.

Humas AKD Kecamatan Wringinanom, Gresik menyampaikan, penyaluran sembako tersebut, adalah bentuk panggilan jiwa dan rasa peduli terhadap sesame, untuk meringankan beban penderitaan korban bencana Gunung Semeru.

Menurutnya, sepanjang perjalanan menuju lokasi bencana, banyak berdiri tenda-tenda darurat dan Posko penyaluran bantuan. Meski begitu, pihaknya bersama tim terus bergerak menuju area pengungsian di area kampung terdekat yang terdampak aliran lahar panas Semeru.

Sampai di lokasi yakni di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, pihaknya langsung menyerahkan sejumlah sembako yang dibawanya dari Gresik. Ia mengaku diterima langsung oleh Siti, koordinator lapangan penyaluran sembako korban bencana.

“Kami mewakili teman-teman Kepala Desa se-Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik, merasa terpanggil atas musibah bencana alam ini, dengan menyisihkan sebagian rezeki kita, Ini demi kemanusiaan,” ujar Bambang.

Dikatakannya, kagiatan sosial kali ini, tidak direncanakan sama sekali alias mendadak. Inisiatif itu muncul pada Minggu (5/12/2021) saat dirinya touring naik motor bersama rekan-rekan ke daerah Cangar, Kabupaten Mojokerto.

“Disitulah muncul ide untuk peduli korban erupsi Semeru, dan langsung kita bahas bersama Ketua AKD H Sueb Wahyudi. Dan disetujui oleh rekan-rekan. Dan hari ini langsung kita distribusikan ke lokasi bencana,” terang Bambang yang akrab disapa Pak Jibin ini.

Dalam pendistribusian, lanjutnya, anggota dan pengurus AKD yang ikut megawal pendistribusian adalah Kades Sembung Hj Deni Erikawati, Kades Lebani Suko Musthofa, Kades Pedagangan Harun, Kades Kedunganyar Supriyanto.

Juga, Kades Sumengko Bambang yang juga Humas AKD, Kades Pasinan Lemahputih Titin, Kades Lebaniwaras H Adi, dan perwakilan PPDI Kecamatan Wringinanom Munali yang juga Kasun di Desa Lebanisuko. (irw/wb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *