Angkut Ratusan Gelondong Kayu Jati Ilegal, Pria Asal Bojonegoro Diamankan

Warta Bangsa - 12 September 2020
Angkut Ratusan Gelondong Kayu Jati Ilegal, Pria Asal Bojonegoro Diamankan
Tersangka dan barang bukti ratusan gelondong kayu jati, saat diamankan di Polsek Kabuh, Jombang. - ()
Penulis
|
Editor

JOMBANG, WartaBangsa.id – Kedapatan mengangkut ratusan gelondong kayu jati, Munasir (57) warga Dusun Wedegankidul, Desa Dayuk Kidul, Kecanatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, harus berurusan dengan Polsek Kabuh, Jombang.

Truk jenis Isuzu warna putih nopol S-8426-AA yang disopirinya itu, dihentikan polisi di Jalan Raya Desa Pengampon, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, pada Jumat (11/9/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, polisi mendapatkan informasi dari warga yang mengetahui adanya truk sedang mengangkut kayu jati dari dalam hutan.

“Truk tersebut mengangkut kayu jati gelondongan dan melaju keluar kawasan hutan. Sementara hari itu, penebangan di hutan setempat sedang libur,” kata AKP Rudi Darmawan, Kapolsek Kabuh, Jumat (12/9/2020) malam.

Tak ingin lolos begitu saja, petugas Polsek Kabuh pun langsung memburu truk berdasarkan informasi tersebut. Setibanya di Jalan Raya Desa Pengampon, truk itu pun berhasil terkejar dan dihentikan polisi.

“Saat kita periksa, ratusan gelondog kayu jati tersebut tidak dilengkapi dokumen sah dari Perhutani. Selanjutnya, truk dan sopirnya kita bawa ke Mapolsek,” sambung AKP Rudi.

Selain tersangka dan truk, sebanyak 132 gelondong kayu jati berbagai macam ukuran diamankan polisi sebagai barang bukti. Pihaknya juga mengatakan, sudah melakukan olah TKP pada tunggak pohon yang ditebang tersangka.

“Tersangka terancam dijerat Pasal 83 ayat 1 huruf b jo pasal 12 e UU RI No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusak Hutan,” pungkas AKP Rudi Darmawan. (an/wb)

Tinggalkan Komentar

Close X