Bantuan Logistik untuk Korban Erupsi Gunung Semeru Lumajang, Membludak

  • Bagikan
bantuan erupsi semeru lumajang membludak
Relawan sedang sibuk menerima dan mencatat serta memilah bantuan dari masyarakat dan perusahaan di Pendopo Kabupaten Lumajang, Rabu (8/12/2021) siang.

LUMAJANG, WartaBangsa.id – Hingga Rabu (8/12/2021) ini, bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terus berdatangan. Saking banyaknya, sampai-sampai disimpan di GOR Wira Bhakti yang berlokasi di Jalan Mastrip Lumajang.

Bahkan, Pendopo Kabupaten Lumajang, juga ditempati logstik bantuan yang datang dari masyarakat lokal dan luar daerah. Bantuan barang juga ditimbun di beberapa kamp atau lokasi pengungsian warga terdampak.

Hal tersebut diungkapkan Lusianti, staf Bagian Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Rabu (8/12/2021) siang. Lusi yang kala itu sibuk mengatur dan memantau kedatangan logistik sumbangan menyebut, bantuan tidak hanya di pendopo yang melimpah.

Bantuan di titik kamp pengungsian, juga banyak. Bahkan ada yang sampai dibawa ke GOR Wira Bhakti. Lumajang Kota. Mengingat logistik sumbangan warga, pihak swasta, dan pemerintah terus mengalir.

“Yang di kamp pengungsian, ada yang dibawa ke GOR Wira Bhakti. Karena di sana penuh,” katanya.

Selain sumbangan berupa barang terus berdatangan, juga karena sebagian besar bantuan belum disalurkan. Terutama barang-barang kebutuhan sekunder seperti, baju atau pakaian, selimut, kasur dan lain-lain.

“Bantuan yang sudah diberikan kan kebutuhan primer. Seperti, sembako atau sembilan kebutuhan pokok,” ujar Lusi.

Selain pendopo sebagai pusat posko bantuan erupsi Gunung Semeru, juga ada posko di sejumlah tempat. Di antaranya, di Balai Desa Sumberwuluh dan Penanggal, Kecamatan Candipuro.

Sedang kamp pengungsian ada di Balai Desa Condro, Balai Desa Jarit, Balai Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian serta Balai Desa Sumberwuluh dan Penanggal.

Lantaran di tempat pengungsian overload, maka logistik bantuan diangkut ke Pendopo dan GOR Wira Bhakti. Barang-barang kebutuhan skunder itu nantinya akan dibagikan ke warga terdampak setelah mereka berada di rumah masing-masing.

“Kalau sekarang kan masih tinggal di lokasi pengungsian. Jadi belum diberikan. Nanti kalau siudah menempati rumah masing-masing bantuan akan disalurkan,” pungkasnya. *)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *