Ceker Ayam Punya Kandungan Kolagen dan Kaya Manfaat Bagi Tubuh

  • Bagikan
ceker ayam
Sup ceker ayam

Bagian tubuh ayam berupa Ceker (kaki ayam), selain bisa menjadi lauk favorit yang lezat, ternyata juga bermanfaat beragam bagi kesehatan. Manfaat ceker ayam ini, tak lepas dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya.

Berikut ini sejumlah manfaat ceker ayam untuk kesehatan

1. Menjaga kulit tetap sehat

Kandungan kolagen di dalam ceker ayam dapat membantu meningkatkan elastisitas, kepadatan, dan kelembapan kulit. Dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap 105 wanita selama 6 bulan, rutin mengonsumsi kolagen secara signifikan, dapat mengurangi selulit dan kerutan.

Sementara studi lain menyebut, menjaga asupan kolagen memberikan efek jangka pendek dan panjang yang menjanjikan untuk penyembuhan luka. Selain itu, kolagen juga baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan kulit.

2. Mengurangi nyeri sendi

Kolagen dalam ceker ayam dapat mengurangi gejala radang sendi. Kolagen yang terkandung dalam ceker ayam dapat membantu mengurangi nyeri sendi. Menurut penelitian, kolagen mempunyai kemampuan merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoarthritis (radang sendi).

Penelitian lain yang dilakukan pada 191 orang dengan osteoarthritis lutut menemukan, bahwa mengonsumsi kolagen dari tulang rawan ayam sesuai anjuran harian, membantu mengurangi nyeri dan kekakuan secara signifikan.

3. Mencegah pengeroposan tulang

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti ceker ayam dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita pasca menopause. Penelitian yang dilakukan terhadap 39 wanita menunjukkan, risiko hilangnya kepadatan mineral tulang bisa dikurangi dengan mengonsumsi suplemen kolagen.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti halnya elastin, kolagen merupakan salah satu komponen penting dalam arteri dan vena. Penelitian mengatakan, menjaga elastin dan kolagen tetap dalam batas normal sangatlah penting untuk mencegah penyakit jantung.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi ceker ayam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan mineral seperti zinc, magnesium, fosfor, dan kalsium yang ada di dalam ceker ayam.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan albumin dan kolagen dalam ceker ayam dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kedua protein ini juga memiliki kemampuan untuk membantu mengatasi serta mendorong percepatan proses penggantian sel yang rusak.

7. Meredakan hipertensi

Dibanding dengan bagian dada, ceker ayam disebut memiliki lebih banyak kandungan kolagen. Kolagen dapat membantu meredakan hipertensi dengan menurunkan kadar enzim renin. Yakni enzim yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh Anda.

Untuk mengonsumsinya, Anda bisa menikmati ceker ayam dalam bentuk sup. Namun, hindari penggunaan garam secara berlebihan, karena kandungan natrium di dalamnya dapat memicu tekanan darah tinggi.

8. Menjaga kesehatan gusi

Mengonsumsi ceker ayam dapat membantu menjaga kesehatan gusi Anda. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan asam amino, kolagen, dan zat pembentuk gelatin lainnya dalam ceker ayam. Selain itu, kandungan-kandungan tersebut turut membantu memperkuat gusi.

9. Mengatasi masalah pencernaan

Ceker ayam adalah makanan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti kolagen, kondroitin, dan glukosamin. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan menjaga usus Anda tetap sehat.

10. Mengurangi stres

Ceker ayam mempunyai beragam kandungan asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu asam amino yang terkandung dalam ceker ayam adalah arginine. Asam amino ini dapat membantu meredakan stress dengan cara melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan dalam diri Anda.

11. Mengurangi risiko rematik

Kandungan kalsium yang ada dalam ceker ayam dapat membantu mengurangi risiko rematik. Selain itu, ceker ayam juga mengandung zat hidroksiapatit yang baik untuk memperkuat dan mencegah masalah tulang.

Berikut kandungan nutrisi dalam ceker ayam

Ceker ayam memiliki berbagai macam kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Berikut ini kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dapat Anda temukan dalam 1 porsi (70 gram, 2 potong) ceker ayam:
Kalori: 150 kalori
Karbohidrat: 0,14 gram
Protein: 14 gram
Lemak: 10 gram
Kalsium: 5% dari kebutuhan harian
Vitamin A: 2% dari kebutuhan harian
Vitamin B9 (Folat): 15% dari kebutuhan harian
Magnesium: 3,5 mg
Fosfor: 58 mg
Kalium: 21,6 mg
Natrium: 46,8 mg
Zinc: 0,482 mg

Adakah bahaya mengonsumsi ceker ayam?

Ceker ayam baru akan bermanfaat bagi kesehatan apabila Anda mengolahnya dengan benar. Sebelum mengolahnya, hendaklah mencuri bersih ceker ayam.

Salah satu cara mengolah ceker ayam yang salah adalah menggorengnya. Namun, menyajikan ceker ayam dengan cara digoreng, dapat menghilangkan potensi manfaatnya. Makanan yang digoreng, kaya akan asam lemak trans, yang dapat membahayakan kesehatan jantung Anda.

Dalam gorengan, meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Kondisi ini menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah dan memperbesar risiko terkena serangan jantung. Selain itu, asam lemak trans juga kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat dan payudara.

Tidak hanya mengolahnya dengan benar, Anda perlu memerhatikan kebersihan ceker ayam yang hendak dikonsumsi. Cuci bersih ceker ayam yang hendak Anda konsumsi dari kotoran-kotoran menempel.

Ceker ayam terdiri dari beberapa tulang kecil pada bagian jarinya. Tulang-tulang kecil ini dapat menimbulkan bahaya tersedak ketika dikonsumsi anak-anak maupun orang dewasa yang telah berusia lanjut.

Sumber: Sehatq

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *