Dikawal Ketat, 1.480 Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Probolinggo

  • Bagikan
Petugas saat menurunkan boks kardus berisi vaksin Covid-19 di halaman kantor Dinkes Kota Probolinggo.

PROBOLINGGO, WartaBangsa.id – Dikawal kendaraan taktis Barakuda dan sejumlah patwal (Patroli Pengawalan), vaksin Covid-19 tiba di Kota Probolinggo, Senin (25/1/2021) sekitar pukul 20.46 WIB. Vaksin sebanyak 1.480 dosis tersebut disimpan di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) dan P2KB Kota Probolinggo.

Vaksin Sinovac buatan China tersebut akan segera disuntikkan ke warga. Namun belum diketahui pasti hari dan tanggalnya. Yang pasti, sebelum vaksin diditribusikan, sejumlah tenaga kesehatan (nakes) yang akan diterjunkan, akan menjalani screening, pada Rabu (27/1/2021) besok.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Hadi Zainal Abidin, usai menyaksikan kedatangan vaksin tersebut. Selain Wali Kota, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, Plt Direktur RSUD dr Mohamad Saleh dr Abraar HS Kuddah dan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Eko Sudiwiharti, turut hadir.

Iring-iringan mobil polisi mengawal mobil box putih milik Bio Farma yang di dalamnya berisi puluhan kotak dosis vaksin yang akan didistribusikan ke sejumlah daerah di wilayah timur, Jawa Timur. Mobil yang dikawal ketat tersebut tiba di halaman kantor Dinkes Kota Probolinggo. Selanjutnya, petugas menurunkan satu kotak (boks kardus) berisi vaksin dan disimpan di ruangan khusus.

“Alhamdulillah vaksin sebanyak 1.480 dosis sudah diterima Dinkes. Tenaga kesehatan (nakes) yang akan divaksin duluan. Ya sesegera mungkin,” ujar Wali Kota Probolinggo, Hadi yang didampingi istrinya, Aminah Hadi.

Sumber Dinkes menyebut, selain nakes nantinya yang akan divaksin pertama kali adalah 10 pejabat esensial. Hadi menegaskan, vaksin aman dan berharap untuk tidak percaya informasi hoaks yang justru membingungkan masyarakat. Disebutkan, nakes yang akan divaksin secara bertahap sebanyak 1.963.

“Ini vaksin yang dikirim tahap pertama. Nanti akan ada pengiriman lagi.. InsyaAllah besok (27/1/2021) nakes discreening lalu divaksin,” imbuh Wali Kota.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes P2KB, dr NH Hidayati melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Eko Sudiwiharti mengatakan, ada 17 fasilitas kesehatan (faskes) yang sudah di-SK-kan sebagai tempat vaksinasi.

“Puskesmas, Pustu, RSUD dan beberapa fFaskes lainnya. Vaksin untuk nakes 3 sesi dalam sehari, setiap sesi 15 orang,” jelas Eko Sudiwiharti.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *