Dua Ekor Sapi Milik Warga Pilang Kota Probolinggo Dimaling

  • Bagikan
kandang sapi warga pilang kota probolinggo
Kandang sapi milik Jumadin, warga Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, yang dibobol maling.

PROBOLINGGO, WartaBangsa.id – Pemilik atau peternak sapi di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, belakangan ketar-ketir. Sebab, lingkungan RT 4 RW 1, Gang Gayam, Kelurahan setempat, kebobolan. Sapi milik Jumadin (49) warga RT 3 RW I, kelurahan setempat, digondol maling.

Peristiwa kemalingan tersebut diungkap Rupi’ah, Ketua RT 4 RW I, Rabu (27/1/2021) siang di rumahnya. Kandang sapi milik Jumadin yang berlokasi di wilayahnya dibobol maling, Selasa (26/1/21) sekitar pukul 02.00 WIB.

Tidak ada yang tahu saat komplotan spesialis pencurian hewan (Curwan) tersebut beraksi. Istri paman korban mengetahui kandang sapi terbuka sekitar pukul 03.00 WIB dan pencurinya
sudah kabur. Saat itu, paman korban keluar rumah untuk mengambil wudlu sekitar pukul 02.00 WIB, kandang masih tertutup.

Sementara Jumadin mengetahui sapinya hilang, setelah dikabari warga. Maklum, kandang dan tempat tinggalnya berjarak sekitar 300 meter di selatan jalan Soekarno-Hatta. Sedang kandang sapinya berada di utara jalan Gang Gayam, RT 4 RW I.

“Pak Jumadin rumahnya di selatan jalan raya, RT 3 RW I. Kalau kandangnya di utara jalan masuk lingkungan kami, RT 4,” ujar Rupi’ah.

Bu RT memastikan, sapi berbulu merah tersebut dibawa kabur dengan kendaraan minibus. Sebab, warga melihat ada mobil pribadi keluar dari gang. Namun, mereka tidak menyangka kalau di dalamnya berisi dua ekor sapi curian.

“Ada yang nyebut Xenia. Katanya lagi, Avanza,” jelasnya.

Dugaan komplotan Curwan membawa kendaraan semakin kuat, setelah di dekat kandang sapi ditemukan bekas roda dan jejak kaki sapi. Kendaraan yang dibawa pelaku masuk gang Gayam dan parkir dekat dengan kandang.

“Ada bekas roda dan jejak kaki sapi. Sapinya sempat buang kotoran di dekat kendaraan,” lanjutnya.

Tak hanya kebobolan sapi, wilayahnya 1,5 bulan yang lalu juga kebobolan. Rumah salah satu warganya disatroni maling. Pelaku nyolong satu unit sepeda motor di dalam rumah warganya.

“Di dalam rumahnya ada dua sepeda motor. Tapi yang dicuri hanya satu. Kalau enggak bangun pemiliknya, mungkin dua-duanya diambil,” pungkasnya.

Saat dkonfirmasi via selulernya Jumadin membenarkan, sepasang sapi yang dibelinya Rp 22 juta hilang. Ia bersama tetangga dan keluarganya sempat mencari sapi yang diperkirakan seharga Rp 25 juta tersebut. Namun, upaya tersebut tak membuahkan hasil.

“Saya sempat cari dan tanya sana-sini. Nggak ketemu. Diangkut sama mobil,” katanya.

Jumadin berterus terang, tidak melapor ke Polsek Kademangan, sebab usai kejadian salah satu anggota Polsek berada di lokasi kejadian. Jumadin mengaku, tidak hanya kali ini saja kehilangan ternaknya. sepasang sapinya juga hilang beberapa tahun yang lalu.

“Dua kali saya kemalingan sapi, tapi sudah lama. Ya, saya taruh di kandang yang sama,” katanya.

Jumadin heran, kenapa hanya sapinya saja yang dicuri. Padahal, di utara dan barat kandangnya juga ada sapi milik warga setempat.

“Nggak tahu lah kok kandang saya saja diobok-obok. Padahal di utara dan barat kandang saya, juga ada sapi. Tapi kenapa kok nggak pernah hilang,” pungkasnya keheranan. (mo/wb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *