Hujan Deras, Tanaman Padi di Jombang Banyak Roboh Tertiup Angin

  • Bagikan
Samsul Hidayat saat bekerja mendirikan tanaman padi yang roboh.

JOMBANG, WartaBangsa.id – Hujan deras disertai angin kencang di Kabupaten Jombang, pada Senin (6/7/2020) sekitar pukul 14.00 WIB kemarin, mengakibatkan tanaman padi di Dusun Blawen Desa Rejoslamet dan Desa Wringinpitu, Kecamatan Mojokerto, roboh.

Tanaman padi belum menguning namun sudah tumbuh biji padi ini roboh, di sejumlah petak sawah pinggir jalan Mojoagung – Sumberboto, tepatnya di selatan Gerdu Induk Mojoagung atau selatan pabrik sepatu.

Hanya saja, hingga Selasa (7/7/2020) siang, belum ada seorang petani pun di sawahnya. Sementara di Desa Wringinpitu atau sebelah barat Dusun Blawen, terdapat satu warga, yakni Samsul Hidayat (44) sedang mendirikan tanaman padi yang roboh.

Beberapa tanaman padi itu, dia dirikan secara berkelompok. Kemudian, segenggam tanaman padi itu dia ikat dengan tali rafia di tengah-tengah batang padi.

“Benar, tanaman padi ini roboh tertiup angin waktu hujan deras Senin siang kemarin. Di Dusun Blawen (desa Rejoslamet) yang banyak roboh,” kata Samsul, warga setempat. Namun, ia tidak tahu berapa luas sawah yang tanaman padinya roboh di sana.

Dia mengatakan, mendirikan tanaman padi yang roboh sebagai upaya agar tak terlalu merugi. Sebab menurutnya, jika tanaman padi dibiarkan roboh, biji padi tidak akan berisi (beras). Apalagi, katanya, tanaman padi yang tertindih paling bawah dan tenggelam air.

Ia menyebut, tanaman padi tersebut sudah berusia 2,5 bulan atau kurang 15-an hari dipanen. “Kalau nggak didirikan begini, jelas nggak ada berasnya nanti. Ya, agar tidak terlalu rugi saja. Sekitar setengah bulan lagi dipanen,” ujarnya.

Disinggung soal ancaman kerugian akibat roboh dihempas angin, Samsul mengatakan tidak tahu. Dia mengaku hanya sebagai pekerja atau buruh tani harian. “Kalau rugi berapanya, saya nggak ngerti. Karena ini sawah milik Pak Muhajir, saya hanya bekerja ngeramut tanaman padinya,” pungkasnya. (an/wb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *