Kasus Pembunuhan di Kedung Cinet Jombang, Pelaku Dituntut 4 Tahun Penjara

  • Bagikan
kuasa hukum terdakwa pembunuhan di Kedung Cinet Jombang 1
Dua kuasa hukum terdakwa AHR, yakni Mohamad Sholahuddin SH dan Nanang P SH MH. (Foto: Istimewa)

JOMBANG, WartaBangsa.id – Kasus pembunuhan terhadap Muhammad Alfian Rizki Pratama (12), warga Desa Sambongdukuh, Kecamatan/ Kabupaten Jombang di tempat wisata Kedung Cinet, Desa Pojokklitih, Kecamatan Plandaan, memasuki proses persidangan ketiga di Pengadilan Negeri (PN) setempat, Senin (23/11/2020).

Sidang kali ini, dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap terdakwa. Jaksa Penuntut Umum (JPU), Galuh Mardiana, dalam bacaan tuntutannya menyatakan, terdakwa AHR (15) terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan kekerasan terhadap Muhammad Alfian Rizki Pratama (12) sehingga mengakibatkan kematian.

Karenanya, JPU menilai perbuatan terdakwa AHR melanggar pasal 80 ayat (3) UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Menjatuhkan pidana terhadap AHR dengan pidana penjara selama 4 tahun penjara, subsider 3 bulan mengikuti latihan kerja,” terangnya.

Dalam dakwaannya, JPU menyatakan sejumlah alasan yang meringankan terdakwa. Selain bersikap sopan dan kooperatif selama persidangan, terdakwa telah mengaku berterus terang dan menyesali perbuatannya.

Hal lain yang meringankan tuntutan JPU, karena terdakwa belum pernah dihukum dan masih berusia muda, sehingga diharapkan masih bisa memperbaiki perilakunya.

Sebelum tuntutan dibacakan, JPU kembali menceritakan kronologi peristiwa dari awal hingga merenggut nyawa korban.

Semntara kuasa hukum terdakwa, Mohamad Sholahuddin SH dan Nanang P SH MH mengatakan, tidak mengaujukan keberatan apapun terhadap tuntutan JPU tersebut.

“Terkait dengan tuntutan jaksa, kami selaku kuasa hukum akan berusaha sekuat tenaga untuk melakukan pembelaan. Dan itu akan kami tuangkan di dalam pembacaan pledoi pada sidang lanjutan,” ungkap Nanang. (an/wb)

Baca Sebelumnya: Sidang Kedua Pembunuhan di Kedung Cinet Jombang, Guru Terdakwa Dihadirkan Jadi Saks

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *