Kecelakaan Karambol 10 Kendaraan di Bungah Gresik, Sopir Truk Terjepit

  • Bagikan
kecelakaan di bungah gresik
Kondisi kendaraan yang terlibat kecelakaan di Pertigaan Bungah, Kabupaten Gresik.

GRESIK, WartaBangsa.id – Diduga rem blong, sebuah dump truk menghantam 5 mobil dan 4 sepeda motor di pertigaan Jalan Raya Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Sabtu (5/12/2020) sekitar pukul 10.30 WIB. Akibat kecelakaan ini, seorang pengendara sepeda motor terluka parah. Sementara hampir seluruh kendaraan yang terlibat, ringsek.

Saksi mata, Suyitno, warga Desa Sungonlegowo mengatakan, saat itu dump truk bermuatan galian meluncur dari arah Jalan Abar-abir menuju Jalan Raya Bungah. Ruas jalan yang dilalui truk ini memang menurun agak tajam. Sedangkan lalu lintas di kawasan ini cukup padat.

Saat melintas di jalanan menurun ini, rem truk mendadak tidak berfungsi alias blong. Alhasil, kendaraan berbobot hampir 5 ton ini kemudian meluncur bebas ke arah Jalan Raya Bungah. Sopir truk berusaha mengendalikan laju truk dengan membanting kemudi ke arah kanan bahu jalan.

Namun upaya pengemudi truk ini justru menabrak mobil Toyota Kijang nopol B-8379-BH milik Gekatama yang berjalan searah. Benturan itu, tak membuat dump truk berhenti. Malah menabrak mobil masing-masing Mobil Avanza nopol W-1468-EI, Suzuki Ertiga W-1336-CL, serta Daihatsu Xenia L-1790-O.

Kemudian, giliran Isuzu Elf dihajar dump truk. Kendati demikian, truk masih meluncur hingga menabrak sepeda motor yang sedang diparkir di depan warung kopi. Masing-masing sepeda motor Honda SupraX 125 nopol W-5466-BJ, Honda CB S-6452-JV, Honda SupraX nopol W-4435-BO, dan Honda Beat W-4760-BA.

Truk baru berhenti, setelah menabrak pohon sono yang tumbuh di depan warung kopi depan pertigaan Bungah.

Usai kejadian, warga menolong seorang pengendara sepeda motor yang saat itu hendak berangkat namun dump truk menyeruduknya. Sementara pengemudi mobil dan penumpangnya yang terkena serudukan truk, tidak terluka.

Meski begitu, mobil mereka sebagian besar rusak di bagian depan dan belakang karena tabrakan karambol. “Mobil saya terbentur mobil depan, terpental ke tengah disantap Elf,” kata Edi Purwanto (35), salah satu korban kecelakaan, pengemudi Xenia, warga Dusun Mangorejo, Kecamatan Manggis, Kabupaten Kediri.

Edi mengaku saat itu membawa dua keluarganya hendak ke Lamongan dari Surabaya dengan kendaraan mobil Xenia nopol L-1790-O. “Alhamdulillah, saya dan keluarga selamat, sekarang masih menunggu kendaraan dievakuasi,” kata Edi Purwanto.

Kanit Laka Lantas Polres Gresik Ipda Yossy menjelaskan, pihaknya masih menyelidiki kecelakaan tersebut. Selain meminta keterangan dari sejumlah saksi dan olah TKP, anggotanya mengevakuasi sopir truk yang terjepit badan truk usai menabrak pohon.

“Keterangannya nanti saja, kami masih melakukan pendataan dan evakuasi,” terang Kanit Laka Satlantas Polres Gresik. (kl/wb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *