Patroli Terminal Makam Gus Dur, 35 Orang Kedapatan Tak Pakai Masker

Warta Bangsa - 14 November 2020
Patroli Terminal Makam Gus Dur, 35 Orang Kedapatan Tak Pakai Masker
Salah satu warga tak bermasker saat disanksi sosial berupa push-up di teminal Gus Dur, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang. - ()
Penulis
|
Editor

JOMBANG, WartaBangsa.id – Patroli penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 tetap gencar dilakukan Polres Jombang, Jumat (13/11/2020) malam, sekitar pukul 20.00 WIB hingga selesai.

Patroli kali ini, dilakukan di dua titik lokasi, yakni di Lembaga Pemasyrakatan (Lapas) Klas IIB Jombang, dan area terminal wisata religi makam KH Abrurrahman Wahid atau Gus Dur, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Hasilnya, sebanyak 35 warga terjaring patroli lantaran tidak memakai masker. Namun, para pelanggar tidak disanksi membayar denda. Mereka hanya diberi teguran dan sebagian disanksi sosial. Selanjutnya, petugas memberikan masker dan diminta memasang saat itu juga.

“Dari 35 warga yang terjaring, 25 pelanggar kita beri teguran lisan dan 10 pelanggar disanksi sosial berupa push-up,” ungkap AKP Moch Mukid, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, yang memimpin patroli Prokes Covid-19.

Diterangkanya, patroli kali ini melibatkan 37 personel. Selain pihaknya, patroli ini diikuti Kasubagsarpras Polres Jombang Iptu Totok JS, KBO SatBinmas Iptu Heru Widodo, Kasitipol Polres Jombang Iptu Agus, serta gabungan anggota Satuan Sabhara, Satlantas, Satbinmas, Satreskrim, Sat Intelkam, Satresnarkoba, Humas, Urkes Polres Jombang.

Patroli tersebut, lanjut Moch Mukid, dalam rangka penerapan Inpres No 6 tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan dan penerapan Perda Provinsi Jatim No 2 Tahun 2020, serta Perbup Jombang No 57 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan Dan Penekanan Serta Pengendalian Covid-19.

“Untuk patroli di Lapas Jombang yang didalamnya sebanyak 847 Orang tahanan, masih kondusif. Kita juga terus berkoordinasi dengan kepala Lapas agar para tahanan tetap mematuhi prokes,” imbuhnya.

Sekitar pukul 22.00 WIB, patroli prokes Covid-19 di dua titik tersebut, disudahi. “Patroli ini masih tetap humanis. tidak diberlakukan sanksi denda. Tapi, mudah-mudahan memberi efek jera dan masyarakat sadar dengan kebiasaan baru ini yakni memakai masker saat berada di luar rumah,” pungkasnya. (an/wb)

Tinggalkan Komentar

Close X