Pelatihan Bikin Pentol Daging Ikan Lele di Pantai Permata Pilang Probolinggo

  • Bagikan
pantai permata pilang kota probolinggo
Ibu-ibu PKK Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo saat mengikuti pelatihan di Pantai Permata Pilang.

PROBOLINGGO, WartaBangsa.id – Membuat masakan berbahan ikan lele yang enak dan disukai banyak orang, tidak mudah. Salah satu resepnya adalah mengetahui makanan dari lele yang hendak dimasak. Jika makanan lele adalah ayam Tiren (mati kemarin), jangan diharap masakannya enak dan disukai.

Resep tersebut diungkap salah satu mentor atau pemateri resep bakso lele, teh pokak dan nasi bakar, Minggu (1/11/2020) pagi. Acara yang diikuti puluhan emak-emak yang tergabung dalam PKK Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo tersebut berlangsung di Pantai Permata Pilang.

Menurut perempuan asal Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan tersebut, pentol bakso yang dagingnya dari ikan lele yang diberi makan ayam tiren, rasanya anyir atau amis.

“Kalau untuk dimakan sendiri, tidak masalah. Tapi kalau untuk dijual, pasti pembelinya tidak akan beli lagi,” ujarnya.

Usaha bakso yang dirintisnya, lambat laun akan tutup lantaran pembelinya makin sedikit, bahkan bisa jadi tidak ada sama sekali. Karena lidah pembeli tidak suka sesuatu yang berbau atau terasa amis atau anyir. Karena itulah, ia meminta emak-emak yang hendak berjualan pentol bakso lele harus mengetahui makanan dari si lele tersebut.

Karenanya ia berharap, emak-emak yang mengikuti acara tersebut budidaya ikan lele sendiri di rumahnya. Tidak butuh lahan yang luas, cukup di halaman rumah sendiri dan kalau rumahnya tidak punya lahan, tidak masalah.

“Cukup budidaya di media timba, ember, tong plastik atau semacamnya. Asal tidak dikasih makan ayam mati kemarin ya. Kalau tidak mau jualan pentol, kami siap membeli. Harganya di atas harga pasar. Kalau tidak mau perorangan, ibu-ibu bisa membentuk kelompok. Kami siap mentransfer ilmunya,” pintanya.

Selain mendapat cara memasak dan resep bakso serta tipsnya, peserta acara Go Fish dari Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo tersebut, juga mendapat materi cara memproduksi teh pokak dan nasi bakar. Ibu-ibu PKK yang mengikuti acara tersebut akan mencoba materi resep dan demo masak yang diikutinya.

Rencana tersebut disampaikan Rufi’ah, salah satu peserta usai acara. Dirinya bersama ibu-ibu PKK yang lain dalam minggu ini akan mencoba resep masakan yang diterimanya. Lokasinya di salah satu rumah emak-emak.

“Kita nanti akan masak bersama. Ya, resep dari para mentor atau pemateri itu,” katanya.

Langkah selanjutnya, mantan Ketua RT 4 RW 1 kelurahan Pilang ini juga akan mencoba membikin pentol bakso dan nasi bakar dengan daging biota laut yang ada di Pantai Permata Pilang Kota Probolinggo. Seperti, Kerang, tebalan, kepiting dan tiram.

“Selanjutnya kami akan bikin pentol bakso yang dagingnya dari biota laut yang ada di sini,” tambahnya. (mo/wb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *