Postingan Menyoal Penerima Banpres UMKM di Jombang Tak Punya Usaha, Viral

Warta Bangsa - 3 Desember 2020
Postingan Menyoal Penerima Banpres UMKM di Jombang Tak Punya Usaha, Viral
Postingan di facebook yang menyatakan penerima Banpres di Jombang, tidak memiliki usaha. - (Istimewa)
Penulis
|
Editor

JOMBANG, WartaBangsa.id – Postingan penerima Banpres (Bantuan Presiden) UMKM di Jombang banyak mengalir kepada warga yang tak memiliki usaha, ramai diperbincangkan. Akun Elisya Yuli di salah satu grup Facebook, juga mempertanyakan apakah di daerah lain juga begitu.

Postingan menyoal penerima Banpres UMKM bukan ke pemilik usaha ini diunggah Selasa (24/11/2020. “YG DPT bntuan umkm bnyak yg g pnya usaha lur, opo daerah e pyn zo ngunu (Yang dapat bantuan umkm banyak yang gak punya usaha saudara, apa daerahmu juga begitu),” tulis akun ini.

Selang beberapa waktu, postingan ini mendapat respon emoticon Like sebanyak 746 dan 477 komentar. Selain itu, respon netizen juga menuliskan beragam komentar. Rata-rata bernada mengamini kejadian itu juga sama terjadi daerah pemilik akun Elisya Yuli.

Seperti akun Faidha Khuriyati mengomentari kondisi yang ditulis Elisya Yuli juga sama terjadi di daerahnya. “Podo lur duk desoku seng oleh bantuan yo gak duwe usaha. (Sama saudara, di desaku yang dapat bantuan juga tidak punya usaha),” tulis akun Faidha Khuriyati. Di bawah komentarnya, ditambahi kartun.

Senada juga ditulis akun Ika Mariana, yang juga berkomentar jika penerima bantuan UMKM di daerahnya, adalah mereka yang tidak memiliki usaha. “Podo ae nng daerahku ya. Seng cair malah gak onok usaha e seng onok usaha e gak cair (Sama saja di daerahku iya. Yang cair malahan tidak ada usaha yang ada usahanya tidak cair,” tulis akun Ika Mariana.

Sekedar informasi, Banpres UMKM merupakan bantuan permodalan bersifat stimulus bagi pelaku UMKM. Besarannya, yakni Rp 2,4 juta dan dicairkan melalui Bank yang ditunjuk. Persyaratan pengajuan bantuan ini, salah satunya adalah melampirkan surat keterangan usaha (SKU).

Hingga berita ini ditayangkan, wartawan media ini masih melakukan upaya penelusuran terkait kebenaran informasi yang diunggah dan dikomentari sejumlah akun tersebut. Termasuk ke pihak-pihak terkait. (ana/wb)

Tinggalkan Komentar

Close X