Subsidi Listrik Diperpanjang Hingga Maret 2021, Ini Cara Mendapatkan

  • Bagikan
Ilustrasi

WartaBangsa.id – Pemberian stimulus atau subsidi listrik di masa pandemi Covid-19, diperpanjang selama tiga bulan ke depan atau hingga Maret 2021. Pelanggan PLN dengan daya 450 VA masih mendapat diskon 100 persen alias gratis. Sedangkan pelanggan 900 VA mendapat keringanan tarif sebesar 50 persen.

Pemerintah memperpanjang program stimulus subsidi tagihan listrik ini untuk meringankan beban masyarakat. terutama mereka yang tidak mampu dan rentan akibat pandemi Covid-19.

“Secara sistem kami sudah siap untuk kembali menyalurkan, karena ini sifatnya perpanjangan. Kami optimis penyaluran dapat berjalan dengan baik,” ujar Bob Saril, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN (Perusahaan Listrik Negara) dalam keterangan pers, Jumat (1/1/2021).

Pelanggan kategori rumah tangga listrik bersubsidi sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Mereka sudah menikmati keringanan biaya sejak program stimulus Covid-19 diluncurkan pada April 2020 lalu.

“Kami pastikan pemberian stimulus ini tepat sasaran, khusus kategori rumah tangga sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial,” ungkap Bob.

Jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450 VA sebanyak 24,16 juta pelanggan. Sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi, sebanyak 7,87 juta pelanggan. Untuk jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 459 ribu pelanggan.

Sedangkan mekanisme penyalurannya, sama seperti sebelumnya. Bantuan untuk pelanggan pascabayar akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.

Untuk pelangan prabayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diberikan sama dengan bantuan di Tahun 2020.

Cara Mendapatkan Subsidi Listrik

Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara membuka www.pln.co.id, kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon). Lalu masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

“Kami buat banyak pilihan akses, supaya pelanggan makin mudah untuk mengambil token stimulus listrik ini,” ujar Bob.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik, dengan cara mengirim pesan (chat) WhatsApp ke nomor 08122-123-123. Lalu ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. Setelah itu, token gratis akan muncul. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis atau Subsidi tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Selain melalui situs web PLN dan layanan WhatsApp, token stimulus juga bisa didapatkan melalui aplikasi PLN Mobile dengan cara buka aplikasi PLN Mobile.

Dengan cara meng-klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo. Lalu masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter dan Token gratis atau subsidi akan muncul. Kemudian pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat. (bk/wb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *